Tuesday 10 June 2008

MATERI KULIAH ISBD

MANUSIA DAN PERADABAN (CIVILIZATION)

Hand out

Drs. Ana Maulana, M.Pd

(hak cipta di lindungi uu )

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Agar mahasiswa mampu memahami dirinya sbg mahluk yg beradab serta meyakini bahwa peradaban merupakan wujud kebudayaan sbg hasil kreatifitas manusia, sekaligus mempengaruhi serta menjadi pedoman bagi hidupnya

Peradaban asal kata adab artinya ahlak, kesopanan atau kehalusan budi pekerti
peradaban= berkata dgn konsep nilai moral, etika, estetika di masyarakat
dipakai utk menyebut bagian2 dan unsur2 dari kebudayaan yg halus dan indah
misalnya : kesenian, ilmu pengetahuan, adat, sopan santun, pergaulan, kepandaian menulis. organisasi kenegaraan atau sistem teknologi, seni bangunan

MANUSIA BERADAB

1. Adalah yang berpendidikan, sopan, dan berbudaya

2. Yang berahlak, berkesopanan dan berbudi pekerti halus

PERADABAN DPT DIARTIKAN PULA :

HASIL PERKEMBANGAN BUDAYA YG MENJADI CIRI HAS MILIK SESUATU MASYARAKAT

TAHAPAN YG TINGGI PD SKALA EVOLUSI BUDAYA MENGACU PADA PERBEDAAN ANTARA MNS BERADAB THDP MRK YG BIADAB

Tiga Periodisasi Peradaban

(Alvin Tofler) :

1. gelombang perubahan dari meramu (food gathering) menjadi budaya cocok tanam (peradaban pertanian) kehidupan manusia menjadi menetap

2. peradaban industri

3. peradaban informasi


PADA ABAD PERTANIAN

Mengalami perkembangan pesat yg dsbt EVOLUSI HIJAU (green revolution)
Pd masa ini terjadi perkembangan teknologi pertanian
(dikembangkannya bibit unggul, pemupukan, pembasmian hama dan mekanisasi)
Pd masa ini terjadi perubahan kehidupan mns yg berarti dgn ditemukannya berbagai alat dan pesawat
1769 james watt – mesin uapnya, thomas alpha edison –lampu pijarnya

Kondisi tadi MENJEBATANI untuk masuk ke gelombang kedua PERADABAN INDUSTRI
MENGUASAI DUNIA BARAT DAN JEPANG MENYUSUL 4 NEGARA ASIA (THE FOUR TIGER)

KOREA SELATAN, TAIWAN, SINGAPORE, HONGKONG
Perkembangan IPTEK industri sangat berpengaruh pd perkembangan bidang elektronik
Kemajuan media elektronik berpengaruh pada penyebaran informasi yg cepat di seluruh dunia
Perkembangan microchip membawa teknologi dunia. Kehidupan budaya memasuki era revolusi komunikasi, revolusi informasi.

Gelombang III (The Third Wave)
Peradaban informasi
jepang sdh sampai pd level “the age high mass consumption”
Komputer, internet, satelit
Hal yang menarik dikenal Budaya kegagalan adalah aib

Pada era ini, kerja pikiran menjadi tuntutan dalam rangka membuat program dan memanfaatkan program baik untuk mencapai informasi, menyimpan maupun untuk menyebarkan , Bagaimana dengan Indonesia .?

Bdsk pada cirri-ciri gelombang 2

- Kegiatan industri masih terbatas kurang dari 20 % pendidikan indonesia terlibat industri, yang terjadi industri perakitan yang BELUM MAMPU membuat komponen sendiri

- - barang-barang industri masih merupakan barang inpor, sehingga gaya konsumtif masih kuat

BAGAIMANA MENGANTISIPASINYA ?

Peranan pendidikan sangat penting untuk dijadikan alat pemikiran, sehingga potensi alam dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia bisa dimanfaatkan dalam mengejar ketinggalan oleh negara2 lain dalam perkembangan peradaban

Menurut Alvin Toffler :

Indonesia kenyataannya mash ada pada gelombang pertama atau peradaban pertanian yg belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan hasil pertanian, beberapa komoditas pertanian yg dibutuhkan masih hrs diimpor

KETENANGAN, KETENTRAMAN DAN KEDAMAIAN MAKNA HAKIKI UMAT MANUSIA

Jumlah Penduduk dunia yang makin meningkat. Dengan segala aspek kebutuhan dan perilakunya Membawa kehidupan yang makin dinamik Disegala bidang kehidupan
Ketidakpastian dan kejolak
Telah menjadi karakter serta suasana kehidupan dewasa ini

Maka
Kita perlu mengkaji diri untuk mengevaluasi kesalahan2 apa yang telah serta sedang kita lakukan

KETENANGAN
Melekat pada hati nurani
Hati Nurani yang tenang berarti nurani yang penuh dengan kesadaran dan kesabaran
Namun ancaman tantangan hambatan dan gangguan menjadi kondisi yg mengganggu suasana hati yg tenang tadi

Solusinya ?
Pendidikan dlm arti yg seluas2nya dan sebesar2nya

KETENTRAMAN

Merupakan suasana hati yang tenang, terbebas dr hiruk pikuk yg meresahkan
Hidup tentram berarti hidup tenang, seimbang, penuh kesadaran dan kesabaran terhindar dari kemelut hati yang kacau balau.

Maka utk ketentraman hdp kita harus memiliki daya tangkal terhadap ATHG yg menyebabkan terganggunya ketentraman tadi.

Bila tiap individu mampu menciptakan suasana yang tentram dalam hatinya dalam keluarga dan masyarakat akan mampu menciptakan ketentraman dunia

MATERI KULIAH ISBD (9)

KONSEP MANUSIA DAN PENDERITAAN

Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat ada yang berat dan ada yang ringan. Peranan individu menentukan berat tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energy untuk bangkit bagi seseorang atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.

Apakah penderitaan itu ? Penderitaan asal kata dhra = menahan/menanggung (sansakerta) menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan baik lahir maupun batin, contoh keluh kesah, kesengsaraan, kelaparan, kekenyangan, kepanasan dll.

Manusia menderita sesungguhnya karena rasa takut yang menyelimutunya seperti takut gagal, takut merasa sakit, takut menderita kegagalan dan menderita sakit. Orang suka tidak menyadari bahwa rasa sakit/takut itu sesungguhnya dari akalnya sendiri, kadangkala demikian kuatnya sehingga menyebabkan gangguan jiwa yang disebut PHOBIA (takut yang berlebihan/dibesar-besarkan). Hal inilah yang menimbulkan problema emosional dan penyebab penderitaan. Jadi penderitaan itu tidak dilihat dari fisik lahiriah. Tidak mempunyai harta = sengsara = menderita. Bila hati senang, gembira, hilang penderitaan. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa dari penderitaan yang dialami bias merupakan energy untuk bangkit.

Bagaimana akibat dari penderitaan ? pengaruhnya bermacam-macam. Ada yang mendapat hikmah besar dari suatu penderitaan ada pula yang menyebabkan kegelapan dalam hidupnya. Oleh karena itu penderitaan belum tentu tidak bermanfaat. Penderitaan juga dapat menular dari seseorang kepada orang lain. Contohnya ? seseorang (perempuan) dihianati pacarnya diceritakan pada teman karibnya, siteman karib akan turut merasakan penderitaannya.

Sumber bacaan :

ISBD, R.H. Burhan, STKIP Garut Press, 2005 Modul Pelatihan Bagi Dosen ISBD, Kopertis IV , 2007

Sponsor by http://internet-dakwahku.blogspot.com

Iklan-iklannya di klik ya….

Monday 9 June 2008

MATERI KULIAH ISBD (7)

KONSEP KEADILAN

Dalam upaya memanusiakan manusia (homohumanus = manusia yang bersikap manusia, berbudaya dan halus). Manusia harus memahami dan menghayati konsep keadilan, penderitaan, cinta kasih, tanggung jawab, pengabdian, pandangan hidup, keindahan dan kegelisahan.

Keadilan adalah pengakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Pengakuan atas hak hidup individu harus diimbangi melalui kerja keras tanpa merugikan pihak lain, karena orang lain punya hak hidup seperti kita. Jadi kita harus member kesempatan pada orang lain untuk mempertahankan hidupnya. Prinsipnya keadilan terletak apada keseimbangan atau keharmonisan antara menuntut hak dan menjalankan kewajiban. Tindakan-tindakan yang menuntut hak dan lupa pada kewajiban merupakan pemerasan. Sedangkan tindakan yang hanya menjalankan kewajiban tanpa menuntut hak berakibat pada mudah diperbudak atau dipengaruhi orang lain.

Jadi keadilan bila disimpulkan adalah :

1. Kesadaran adanya hak yang sama bagi setiap warga Negara

2. Kesadaran adanya kewajiban yang sama bagi setiap warga Negara

3. Hak dan kewajiban untuk menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran yang merata.

Cirri-ciri keadilan adalah :

1. Tidak memihak

2. Sama hak

3. Sah menurut hokum

4. Layak dan wajar

5. Benar secara moral

Sedangkan akibat dari ketidakadilan adalah “

1. Kehancuran : diri, keluarga, perusahaan, masyarakat, bangsa dan Negara

2. Kezaliman yaitu keadaan yang tidak lagi menghargai, menghormati hak-hak orang lain, sewenang-wenang merampas hak orang lain demi keserakahan dan kepuasan nafsu.

Bagaimana agar kita bias memiliki sifat adil ?

1. Tekad bahwa hanya dengan keadilan hidup akan berkah

2. Berlaku adil pada siapapun agar hidup sukses

3. Cari ilmu sebab dengan berilmu dapat mengetahui hak dan kewajiban dan aturan hidup yang benar

4. Menghasilkan masalah dengan data dan informasi yang BAL (benar, akurat, lengkap)

5. Menjadikan keadilan sebagai kunci kebahagiaan, keselamatan, kesuksesan dan kemuliaan dalam hidup.

Macam-macam Keadilan :

1. Keadilan Legal (keadilan moral

Dalam suatu komunitas yang adil, setiap orang menjalankan pekerjaan menurut sifat dasar yang paling cocok baginya (the man behind the gun). Rasa keadilan akan terwujud bila setiap individu melakukan fungsinya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, keadilan tidak akan terjadi bila ada intervensi pada pihak lain dalam melaksanakan tugas kemasyarakatan dan hal ini dapat memicu pertentangan, konflik dan ketidakserasian.

2. Keadilan Distributive

Keadilan akan terlaksana bila hal yang sama diperlukan secara sama dan hal yang tidak sama diperlakukan secara tidak sama diperlakukan secara tidak sama (justice is done when equals are treated equally). Contoh : gaji pegawai lulusan smu dan sarjana harus dibedakan.


sumber bacaan :
ISBD, RH. Burhan, STKIP Garut Press, 2007
Makalah Pelatihan Dosen ISBD, Kopertis IV, 2007

Sponsor by : http:/internet-dakwahku.blogspot.com
klik ya iklan-iklannya agar dapat pahala

MATERI KULIAH ISBD (10)

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP (WORLD VIEW)

Pandangan hidup (world View) adalah nilai-nilai yang dianut oleh suatu masyarakat yang dipilih secara selektif oleh para individu dan golongan di dalam masyarakat. (koentjoroningrat).

System nilai budaya merupakan pandangan hidup karena system nilai merupakan pedoman hidup yang dianut sebagian besar masyarakat. Pandangan hidup mencerminkan diri seseorang karena mencerminkan cita-cita dan aspirasinya. Bagaimana dengan ideology ? ideology lebih luas pengertiannya dibandingkan dengan pandangan hidup. Ideology tidak hanya ada norma dan pandangan hidup tetapi juga ada nilai-nilai. Jadi ideology tersusun dari tiga unsur yaitu (1) adanya pandangan hidup, (2) nilai-nilai dan (3) norma-norma. Sumber-sumber pandangan hidup bias berasal dari : (1) Agama, pandangan hidup ini memiliki nilai kebenaran mutlak, (2) ideology, merupakan abstraksi dari nilai-nilai budaya suatu Negara atau bangsa , missal Pancasila. (3) hasil perenungan seseorang sehingga dapat merupakan ajaran atau etika untuk hidup missal aliran-aliran kepercayaan.

Seperti dalam uraian di atas, bahwa pandangan hidup manusia terdiri atas cita-cita, kebajikan dan sikap hidup. Sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Cita-cita dapat diartikan sebagai suatu keinginan yang terkandung di dalam hati. Karena cita-cita juga berarti angan-angan, keinginan, harapan dan tujuan.

Kebajikan adalah perbuatan yang mendatangkan kebaikan yang pada hakikatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika. Manusia berbuat baik karena pada dasarnya kodrat manusia itu adalah baik, mahluk bermoral. Jadi atas suara hatinya manusia cenderung berbuat baik.

Kebajikan dapat dilihat dari tiga segi :

(1) Manusia sebagai pribadi. Manusia adalah seorang pribadi yang utuh dan terdiri atas jiwa dan raga. Karena merupakan pribadi, manusia mempunyai pendapat sendiri, mencintai diri sendiri, perasaan sendiri, cita-cita sendiri dsb.

Alex Gumr menyebutkan bermacam suara hati :

a. Suara hati manusia, adalah suara hati yang menentukan perbuatan baik dan buruk yang timbul semacam bisikan dalam hati untuk menimbang perbuatan baik dan buruk, maka suara hati merupakan hakim terhadap diri kita sendiri karena suara hati yang sebenarnya telah memilih antara perbuatan yang baik dan buruk.

b. Suara hati masyarakat, sebagai anggota masyarakat manusia termasuk dapat membebaskan diri dari masyarakatnya.

c. Suara Tuhan, selalu membisikkan agar manusia berbuat baik dan meninggalkan perbuatan yang tidak baik berbentuk hokum agama.

(2) Manusia sebagai anggota masyarakat. Manusia hidup bermasyarakat yang saling membutuhkan saling menolong, saling menghargai sesame anggota masyarakat. Sebaliknya pula saling mencurigai, saling membenci dan saling merugikan dsb.

(3) Manusia sebagai mahluk Tuhan. Manusia diciptakan Tuhan dan dapat berkembang karena Tuhan. Untuk itu manusia dilengkapi dengan kemampuan jasmani dan rohani juga fasilitas alam sekitar seperti air, tanah, tumbuhan dsb.

sumber bacaan :
ISBD, R.H. Burhan, STKIP Press, Garut, 2006
Modul pelatihan Dosen ISBD, Kopertis IV, Bandung, 2007

MATERI KULIAH ISBD KONSEP MANUSIA DAN CINTA KASIH

MATERI KULIAH ISBD

KONSEP MANUSIA DAN CINTA KASIH

Cinta Kasih

Kasih Sayang

Kemesraan

Pemujaan

Belas Kasihan

Semuanya itu Bagian dari hidup manusia (Kehidupan manusia)

Dan dapat Membangkitkan kreatifitas manusia

Media kreatifitasnya :

  1. Bahasa (seni dan sastra)
  2. Nada, irama, suara (seni musik)

Pengkajian Seni Budaya Sebagai manipestasi cinta kasih, kasih sayang dan belas kasihan berkaitan dengan : NORMA, MORAL dan NILAI Untuk Mengembangkan Kepribadian dan wawasan Pemikiran.

CINTA ;

Paduan rasa Simpati antara dua mahluk (wanita-wanita, pria-pria, pria-wanita

SIMPATI ;

Suatu proses dimana seseorang merasa tertarik pada pihak lain dalam proses ini perasaan memegang peranan yang sangat penting

Dorongan utama sismpati adalah keinginan untuk memahami pihak lain dan untuk bekerjasama dengannya.

Cinta Kasih ; (aksi/ kegiatan aktif seseorang thdp orang lain) (empati, perhatian, mengikuti,patuh,mau melakukan apapun) Perasaan sayang, perasaan suka pada seseorang

ERICH FROMN

CINTA DAPAT DIIBARATKAN SUATU SENI

SEBAGAIMANA SENI LAINNYA SANGAT MEMERLUKAN

Pengetahuan dan latihan untuk menggapainya

Untuk keutuhan Dituntut ;

1) rasa tanggung jawab, 2) pengorbanan, 3) kejujuran, 4) saling percaya,

5) pengertian, 6) saling terbuka

HILANG SALAH SATU SAJA BISA MERETAKKAN CINTA (RUMAH TANGGA)

KASIH SAYANG YANG TIDAK DISERTAI DENGAN KEJUJURAN DAPAT MENGANCAM KEBAHAGIAAN RUMAH TANGGA

UNTUK MEMBINA CINTA PERLU ;

  1. Sadar bahwa cinta BUKAN NAFSU

CINTA BERSIFAT :

- manusiawi , tumbuh dan berkembang

- bersifat rohaniah (dorongannya HALUS)

NAFSU BERSIFAT ;

- jasmaniah

- cenderung memuaskan dorongan sexual

- dorongannya dilakukan secara paksaan

  1. Cinta murni bermuara pada perkawinan dan berlanjut pada hubungan sosial

Luapan cinta dapat memberikan semangat dalam hidup

Bagi yang menerima cinta dirasakan sebagai suatu kebahagiaan

CINTA itu terutama memberi bukan menerima

CINTA SEJATI selalu ada kesungguhan untuk membangun hubungan cinta ideal dan mewujudkan kehidupan yang terbaik

CINTA itu timbal balik praktis

Cinta ideal memiliki 3 unsur :

  1. Keterikatan
  2. Keintiman
  3. Kemesraan

Erich Fromm, ada 4 syarat untuk mewujudkan cinta kasih :

  1. Pengenalan
  2. Tanggung jawab (Responsibility)
  3. Perhatian (care)
  4. Saling menghormati (Respect)

MACAM-MACAM CINTA ;

1. AGAPE (PARENT’S LOVE) (cinta persaudaraan)

2. STORGE (best friend’s love)

3. ROMANTIC LOVE (eros)

4. LOGIC LOVE (pragma)

5. PLAYING LOVE (ludic) (tokoh Don Juan) – playboy

6. POSSESIVE LOVE (maniac) (ingin memiliki)

MENURUT KINSEY :

- MARITAL (Hub. Sex suami istri (perkawinan)

– PREMARITAL (hub. sex sblm kawin ; kumpul kebo)

- EXTRA MARITAL (selingkuh ; hub. Sex sebelum atau sesudah kawin)

MENURUT MURDOCK :

- MARITAL

- INCEST (sexual relation between close relative / adik – kakak)

- ADULTERY (jinah ; salah satu pasangan sudah nikah)

- STATUS UNCHASTITY (salah satu pasangan statusnya janda)

- FORNICATION (hub. Sudah kawin salah satunya)

MANUSIA MEMBUTUHKAN CINTA,

CINTA MEMBUAT AKU DAN KAMU SERTA KITA DALAM KEBERSAMAAN

CINTA MENURUT AJARAN AGAMA

Cinta itu harus proporsional dan adil jangan lupa diri karena cinta

Contoh : kecintaan nabi Ibrahim AS pada Alloh dibanding pada putraya

CINTA PADA ALLOH

Melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya

Qs. 3 : 31 (Al-Imran ; keluarga imran)

Katakanlah : “Jika kamu (benar-benar) mencintai Alloh, ikutilah Aku,niscaya

Allaoh mengetahui dan mengampuni dosa-dosanya, Alloh maha pengampun

dan maha penyayang.”

CINTA DIRI

Cinta diri erat hubungannya dengan menjaga diri

Gejala yang menunjukkan kecintaan manusia terhadap dirinya sendiri adalah

kecintaannya yang luar biasa terhadap harta benda (materi)

Kecintaan terhadap diri dapat dibuktikan apabila ia tertimpa malapetaka atau

kesulitan, manusia akan berkeluh kesah

Perlu dihilangkan ?

Tidak tapi perlu seimbang dengan cinta pada orang lain untuk bernuat baik

Inilah cinta diri yang ideal

Al –Qur’an telah mengungkapkan cinta alamiah manusia terhadap dirinya

QS : 7 : 188 ( Al-Araf ; tempat tertinggi )

“ ……. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghoib tentulah aku akan

memperbanyak kebaikan bagi diriku sendiri dan aku tidak akan ditimpa

kemudaratan. ….“

CINTA KEPADA SESAMA MANUSIA

Banyak dilukiskan dan dicontohkan oleh Nabi.

Motivasi seseorang mencintai sesama manusia menurut persepsi sosiologis

disebabkan

karena manusia tidak dapat hidup sendirian (manusia sebagai mahluk sosial)

Q.S. 49 : 10 (Al-Hujurat ; kamar-kamar)

“Sesungguhnya orang-orang mukmin bersaudara, karena itu damaikanlah

antara kedua saudaramu

dan bertaqwalah kepada Alloh supaya kamu mendapat rahmat.”

Contoh : orang-orang Anshor dengan orang-orang Muhajirin

CINTA SEXUAL

Cinta erat kaitannya dengan dorongan sexual. Hal ini dilukiskan dalam ;

Q.S. 30 : 21 ( Ar-Rum ; bangsa Rumawi )

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu

istri-istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tentram

Kepadanya, dan dijadikannya diantaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya

Pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kamu yang berfikir.”

Cinta sexual merupakan bagian dari kebutuhan manusia yang dapat melestarikan kasih

sayang, keserasian dan kerja sama antara suami dan istri

Sex merupakan faktor yang primer bagi kelangsungan hidup keluarga.

CINTA KASIH EROTIS

Yaitu kehausan akan penyatuan yang sempurna akan penyatuan dengan seseorang lainnya.

JATUH CINTA

Jatuh cinta adalah sebuah rasa yang dimiliki seseorang ketika melihat seseorang lain (dari jenis kelamin yg berbeda) yang menarik perhatiannya. Perasaan cinta muncul karena dalam tubuh diproduksi zat-zat tertentu yang sedikit membius otak dan efeknya bisa disamakan dengan efek Narkoba. Zat ini dinamakan FEROMON

FEROMON membuat seseorang kecanduan sehingga ingin melihat pasangannya atau orang idamannya sesering mungkin

Perasaan jatuh cinta ini setelah beberapa waktu akan menghilang sedikit demi sedikit. Yang muncul biasanya rasa-rasa lain seperti perasaan cinta sejati, kasih sayang serta rasa aman dan nyaman

Perasaan-perasaan ini yang terakhir sering menonjol saat sudah menikah.

BENCI

Atau kebencian adalah merupakan sebuah emosi yang sangat kuat dan melambangkan ketidaksukaan, enmiti atau antipati untuk seseorang, sebuah hal, barang atau fenomena.

Hal ini juga merupakan sebuah keinginan untuk menghindari, menghancurkan atau menghilangkannya.

Kebencian dideskripsikan lawan cinta

Cinta X ketidakpedulian

Q.S. AR-RUM ayat 21

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan Nya adalah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikanNya diantara kamu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”.

Cinta itu bersih tidak kotor, kekotoran dan kesucian tergantung bingkainya. Ada bingkai yang suci dan halal dan ada bingkai yang kotor dan haram

Cinta mengandung segala makna kasih sayang, keharmonisan, penghargaan dan kerinduan.

Cinta dalam pandangan Islam bukanlah hanya sebuah ketertarikan fisik, dan bukan pula pembenaran terhadap perilaku yang dilarang agama. Karena hal itu bukan cinta melainkan sebuah lompatan birahi yang besar saja yang akan segera pupus.

Karena itu cinta memrlukan kematangan dan kedewasaan untuk membahagiakan pasangannya bukan menyengsarakannya dan bukan juga menjerumuskannya ke jurang maksiat.

percintaan tanpa didasarkan oleh tujuan hendak menikah adalah sebuah perbuatan maksiat yang diharamkan oleh agama. karena batas antara cinta dan nafsu birahi pada dua orang manusia yang saling menyinta sangatlah tipis sehingga pernikahan adalah sebuah obat yang sangat tepat untuk mengobatinya

pernikahan puncak segala kenikmatan cinta