MANUSIA DAN PERADABAN (CIVILIZATION)
Hand out
Drs. Ana Maulana, M.Pd
(hak cipta di lindungi uu )
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Agar mahasiswa mampu memahami dirinya sbg mahluk yg beradab
Peradaban
peradaban
dipakai utk menyebut bagian2 dan unsur2 dari kebudayaan yg halus dan indah
misalnya : kesenian, ilmu pengetahuan, adat, sopan santun, pergaulan, kepandaian menulis. organisasi kenegaraan atau sistem teknologi, seni bangunan
MANUSIA BERADAB
1. Adalah yang berpendidikan, sopan, dan berbudaya
2. Yang berahlak, berkesopanan dan berbudi pekerti halus
PERADABAN DPT DIARTIKAN PULA :
• HASIL PERKEMBANGAN BUDAYA YG MENJADI CIRI HAS MILIK SESUATU MASYARAKAT
• TAHAPAN YG TINGGI PD SKALA EVOLUSI BUDAYA MENGACU PADA PERBEDAAN ANTARA MNS BERADAB THDP MRK YG BIADAB
Tiga Periodisasi Peradaban
(Alvin Tofler) :
1. gelombang perubahan dari meramu (food gathering) menjadi budaya cocok tanam (peradaban pertanian) kehidupan manusia menjadi menetap
2. peradaban industri
3. peradaban informasi
PADA ABAD PERTANIAN
Mengalami perkembangan pesat yg dsbt EVOLUSI HIJAU (green revolution)
Pd masa ini terjadi perkembangan teknologi pertanian
(dikembangkannya bibit unggul, pemupukan, pembasmian hama dan mekanisasi)
Pd masa ini terjadi perubahan kehidupan mns yg berarti dgn ditemukannya berbagai alat dan pesawat
1769 james watt – mesin uapnya, thomas alpha edison –lampu pijarnya
Kondisi tadi MENJEBATANI untuk masuk ke gelombang kedua PERADABAN INDUSTRI
MENGUASAI DUNIA BARAT DAN JEPANG MENYUSUL 4 NEGARA ASIA (THE FOUR TIGER)
KOREA SELATAN, TAIWAN, SINGAPORE, HONGKONG
Perkembangan IPTEK industri sangat berpengaruh pd perkembangan bidang elektronik
Kemajuan media elektronik berpengaruh pada penyebaran informasi yg cepat di seluruh dunia
Perkembangan microchip membawa teknologi dunia. Kehidupan budaya memasuki era revolusi komunikasi, revolusi informasi.
Gelombang III (The Third Wave)
Peradaban informasi
jepang sdh sampai pd level “the age high mass consumption”
Komputer, internet, satelit
Hal yang menarik dikenal
Pada era ini, kerja pikiran menjadi tuntutan dalam rangka membuat program dan memanfaatkan program
Bdsk pada cirri-ciri gelombang 2
- Kegiatan industri masih terbatas kurang dari 20 % pendidikan indonesia terlibat industri, yang terjadi industri perakitan yang BELUM MAMPU membuat komponen sendiri
- - barang-barang industri masih merupakan barang inpor, sehingga gaya konsumtif masih kuat
BAGAIMANA MENGANTISIPASINYA ?
Peranan pendidikan sangat penting untuk dijadikan alat pemikiran, sehingga potensi alam dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia bisa dimanfaatkan dalam mengejar ketinggalan oleh negara2 lain dalam perkembangan peradaban
Menurut Alvin Toffler :
Indonesia kenyataannya mash ada pada gelombang pertama atau peradaban pertanian yg belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan hasil pertanian, beberapa komoditas pertanian yg dibutuhkan masih hrs diimpor
KETENANGAN, KETENTRAMAN DAN KEDAMAIAN MAKNA HAKIKI UMAT MANUSIA
Jumlah Penduduk dunia yang makin meningkat. Dengan segala aspek kebutuhan dan perilakunya
Ketidakpastian dan kejolak
Telah menjadi karakter serta suasana kehidupan dewasa ini
Maka
Kita perlu mengkaji diri untuk mengevaluasi kesalahan2 apa yang telah serta sedang kita lakukan
KETENANGAN
Melekat pada hati nurani
Hati Nurani yang tenang berarti nurani yang penuh dengan kesadaran dan kesabaran
Namun ancaman tantangan hambatan dan gangguan menjadi kondisi yg mengganggu suasana hati yg tenang tadi
Solusinya ?
Pendidikan dlm arti yg seluas2nya dan sebesar2nya
KETENTRAMAN
Merupakan suasana hati yang tenang, terbebas dr hiruk pikuk yg meresahkan
Hidup tentram berarti hidup tenang, seimbang, penuh kesadaran dan kesabaran terhindar dari kemelut hati yang kacau balau.
Maka utk ketentraman hdp kita harus memiliki daya tangkal terhadap ATHG yg menyebabkan terganggunya ketentraman tadi.
Bila tiap individu mampu menciptakan suasana yang tentram dalam hatinya dalam keluarga dan masyarakat akan mampu menciptakan ketentraman dunia
2 comments:
1. Orang indonesia harus bisa menciptakan alat-alat teknologi pertanian dan tidak boleh bergantung pada orang lain.
2. Untuk menciptakan semua ini harus memiliki ilmu pengetahuan pendidikan yang akan menunjang atau sangat penting bagi kelancaran IPTEK Indonesia demi mengehar ketinggalan-ketinggalan oleh negara lain dalam perkembangan di bidang industri pertanian.
3. Dengan jumlah penduduk yang semaki meningkat otomatis bidang industri pertanian semakin sempit.
Untuk menanggulanginya yaitu dengan cara menekan angka kelahiran dan di dasari dengan hatu nurani dan keimanan terhadap Tuhan yang Maha Esa supaya hidup tenang dan tentram.
Ipit Rospita(07214234) Elis Sumiati(07214244) Amang Sahman (07214274)
Orang Indonesia harus bisa menciptakan teknologi pertanian sendiri.juga harus memiliki kemampuan dan pendidikan yang lebih tinggi agar tidak tertinggal oleh negara-negara lain dan mempunyai kesadaran hati nurani masing-masing.
N Dedah Jubaedah (07214237) Cikajang.
Post a Comment