KULIAH PERDANA (PEMBUKA)
Kelemahan hasil pendidikan moderen, yaitu :
telah menghasilkan saintis dan teknorat yang handal tetapi tidak memiliki integritas kepribadian yang matang
perlu dibekali kemampuan dasar berupa kemampuan dalam memahami dan memaknai nilai-nilai essensial
(manusia yang memilki kemampuan, terampil mampu hidup mandiri sebagai hasil proses penghayatan terhadap makna essensial yang ada pada diri manusia
SARJANA DIHARAPKAN MEMILIKI 3 JENIS KEMAMPUAN :
1. kemampuan personal / personality,
memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribadian indonesia, memahami & mengenal nilai-nilai agama, kemasyarakatan dan kenegaraan
2. kemampuan akademik,
kemampuan komunikasi ilmiah, lisan & tulisan, berfikir logis , kritis, sistematik analitik
3. kemampuan profesional;
memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesinya
Kelemahan hasil pendidikan moderen, yaitu :
telah menghasilkan saintis dan teknorat yang handal tetapi tidak memiliki integritas kepribadian yang matang
karena tidak dibekali oleh kemampuan untuk mengalami dan memaknai makna-makna yang esensial mendewakan produk teknologi dan mengabaikan nilai kemanusiaan.
karena tidak memiliki kemampuan memaknai makna essensial sehingga jauh dari tangguh dan memiliki kepribadian yang mantap
Harusnya
memiliki kemampuan dasar dalam memahami dan mengalami makna
1. kemampuan berbahasa dan berhitung ( makna symbolic)
2. kemampuan untuk memaknai benda-benda melalui proses penjelajahan dan penyelidikan empiris ( makna empirics)
3. kemampuan untuk memaknai keindahan seni dan penomena alam (makna esthetic)
4. kemampuan untuk memaknai baik dan buruk ( makna ethic)
5. kemampuan berfikir logis dan rasional hingga bisa memaknai benar dan salah (makna synosthics )
6. kemampuan untuk beragama atau berfilsafat ( makna synoptics )
PEMETAAN ASPEK PEMBELAJARAN DALAM KELOMPOK MATA KULIAH :
MPK, MKK (keahlian, dan keilmuan)
(learning to know),
MKB (keahlian berkarya (learning to do),
MPB (perilaku berkarya (learning to be )
MBB (berkehidupan bermasyarakat
(learning to live together)
MPK (mata kuliah peengembangan kepribadian)
penghayatan nilai & kepribadian
learning to be morally
Kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan mmanusia indonesia yg beriman dan bertaqwa thdp tuhan yme dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
(agama, isbd, pancasila)
Tujuan Pendidikan Umum :
adalah mewujudkan pribadi yang mampu berkomunikasi dan mengemukakan ide-ide secara efektif, sebagai Warga Negara ia berperan aktif memecahkan masalah-masalah sosial, ekonomi, politik, dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup yang sejahtera serta aktif mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan budaya
Manusia yang dicita-citakan dalam Pendidikan Umum
yaitu manusia yang terampil dan manpu hidup mandiri sebagai hasil penghayatan terhadap makna-makna esensial yg ada pd diri manusia
What is ISBD ?
Usaha Pendidikan Dalam Menelaah Masalah Sosial Dengan Menggunakan Fakta, Konsep dan Teori2 yang diperoleh dan Dikembangkan oleh berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu2 Sosial
Sistem Pendidikan Sekuler.
Ditandai oleh penajaman kajian keilmuaan atau spesialisasi yang berlebihan. Pelaksanaan system pendidikannya cenderung hanya memahami manusia pada aspek tertentu saja, aspek-aspek yang lainnya diabaikan, yang hasilnya berpengaruh pada pola pikir, pola sikap, pola hidup dan perilaku.
VISI ISBD
Berkembangnya mahasiswa sebagai manusia terpelajar yang kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia yang dilandasi nilai-nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat
MISI ISBD
Memberikan landasan dan wawasan yang luas serta menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif pada mahasiswa untuk memahami keragaman dan kesederajatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat selaku individu dan mahluk sosial yang beradab serta bertanggung jawab terhadap sumber daya dan lingkungannya.
KEPRIBADIAN INDONESIA
• sadar akan hak, kewajiban dan tanggung jawab etis moril dan politis terhadap kepentingan bgs dan negara yg ditampilkan dalam wujud keteladanan yg baik
• dgn sadar mentaati hukum dan uud’45, memiliki disiplin pribadi serta disiplin sosial dan kesadaran nasional yg teguh dan tdk sempit (chauvinistis)
• berpandangan jauh ke depan, memiliki tekad perjuangan untuk mencapai taraf kehidupan bangsa yg lebih tinggi didasarkan pada kemampuan objektif dan kekuatan kolektif bgs indonesia
• aktif dan kreatif dlm kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam kegiatan pembangunan nasional dan pembangunan politik
• mampu menilai ulang gagasan asing dan nilai-nilai asing yg tdk sesuai dgn kepribadian bangsa.
TUJUAN ISBD
1. Mengembangkan kesadaran mahasiswa menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman dan kesederajatan manusia sebagai individu dan mahluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
2. Menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia dengan landasan nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat
3. Mberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal bagi hidup bermasyarakat, selaku individu dan mahluk sosial yang beradab dalam mempraktikkan pengetahuan akademik dan keahliannya.
4. Mahluk sosial yang beradab dalam mempraktekkan pengetahuan akademik dan keahliannya
TUJUAN PENDIDIKAN UMUM (MKU) DI PT :
1. sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat, bangsa dan agama
2. untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang timbul di dalam masyarakat
3. memberi pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berfikir secara interdisipliner dan mampu memahami pikiran para ahli berbagai ilmu pengetahuan sehingga dengan demikian memudahkan mereka berkomunikasi
TUJUANNYA MATA KULIAH INI :
menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi
1. berjiwa pancasila, sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai pancasila (ingat butir-butir pancasila) dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana indonesia
2. taqwa kepada tuhan yme, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain
3. memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan sosial, ekonomi, politik, kebudayaan dan pertahanan keamanan
4. memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya maupun lingkungan alamiah dan secara bersama-sama berperan serta di dalam pelestariannya.
MASA SEKARANG PARTISIPASI MASYARAKAT TDK BISA BERLANGSUNG SECARA OTOMATIS DISEBABKAN :
• terlalu kompleksnya susunan masyarakat modern sekarang dgn dimensi politik dan sosial yg saling melibat sulit difahami
• org tdk berdaya scr fisik maupun ideologis untuk memahami apalagi ikut mempengaruhi kejadian sosial dan politik
• orang awan dan rakyat lebih banyak diperlakukan sebagai objek politik, konsumen politik dan pengikut politik yg patuh.
PERAN DIKTI
mempersiapkan pribadi anggota masyarakat sehingga mampu dan termotivasi serta partisipasi aktif dalam aktualisasi dan institusionalisasi masyarakat madani
Mampu menghasilkan
Manusia unggul secara intelektual
Anggun secara moral
Kompeten menguasai iptek
Memiliki komitmen tinggi untuk berbagai peran sosial
KARAKTERISTIK MASYARAKAT MADANI
( VISI INDONESIA 2020 )
Masyarakat yang :
a. Religius
b. Demokrasi
c. Kepastian hukum
d. Egalitarian
e. Penghargaan terhadap “human dignity”
f. Kemajuan budaya dan bangsa dalam satu kesatuan
MASYARAKAT MADANI
1. BERBUDAYA
2. BERADAB
3. DEMOKRATIS
4. MENGHORMATI HUKUM
5. MEMILIKI KEPEKAAN SOSIAL
6. RELIGIUS
7. BERDISIPLIN
8. BERTANGGUNG JAWAB
9. BERDEDIKASI DAN MENGHORMATI
dicapai dengan pendidikan (orientasi pada budaya lokal + global
HOMOHUMANUS :
Manusiawi : sikap yang menghargai manusia sebagai mahluk yang memiliki martabat tinggi dengan segala hak-haknya, (harus diperlakukan sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan / sesuai dengan fitrahnya mahluk tuhan
Berbudaya : perilakunya dituntun oleh akal budi sehingga mendatangkan kebahagiaan bagi dirinya dan lingkungannya serta tidak bertentangan dengan kehendak alloh
Halus : kehalusan – bertingkah laku perbuatan lemah lembut, sopan santun, budi bahasa dan beradab (ahlak)
MEMANUSIAKAN MANUSIA MELALUI PEMAHAMAN KONSEP-KONSEP :
- keadilan
- penderitaan
- cinta kasih
- tanggung jawab
- pengabdian
- pandangan hidup
- keindahan
- kegelisahaan
manusia ------------------- sebagai mahluk beradab
peradaban -------------- wujud kebudayaan, sebagai hasil kreatif
manusia
wujud peradaban -- nilai, norma, moral, etika, estetika, logika
makna hakiki manusia beradab --- ketenangan, kenyamanan,
ketentraman, kedamaian
problem peradaban :
- kemajuan media komunikasi
- kemajuan iptek
- pertumbuhan / perkembangan demograf- ---- peradaban mns.
WUJUD KEBUDAYAAN :
1. idea (gagasan) – konsep fikiran manusia
sistem budaya – adat istiadat
2. aktivity - komplek aktivitas yang saling berinteraksi
(sistem sosial)
3. wujud sebagai benda budaya (hasil aktivitas)
unsur budaya :
1. bahasa
2. sistem teknologi
3. mata pencaharian
4. organisasi sosial
5. sistem pengetahuan
6. religi
7. kesenian
No comments:
Post a Comment